Thursday 2 April 2009

Mengubah Pola Pikir

saat ini saya bekerja dengan tim yang melaksanakan sebuah program peace building dengan sasaran anak usia muda 15-24 tahun. tantangan yang berat bagi kami karena kami datang dengan sebuah program baru yang berbeda dari program-program yang selama ini sudah terlebih dahulu masuk ke dalam masyarakat.

selama ini program-program yang diterima masyarakat lebih banyak berupa program yang terlihat nyata seperti pemberian bantuan modal, pembangunan sarana dan prasarana. sedangkan kami datang dengan sebuah program yang bertujuan untuk mengembangkan kapasitas diri para anak muda. kapasitas diri untuk berorganisasi, kapasitas diri untuk mampu berperan serta dalam pengambilan keputusan di tingkat desa, kapasitas diri untuk mampu menyelesaikan masalah yang muncul dalam masyarakat secara nir kekerasan, dan kapasitas diri untuk menjadi agen perdamaian di masyarakat.

sangat abstrak, dan hasilnya tidak akan bisa dilihat secara cepat.

saat ini kami berada di tahap awal program kami, dan kami berhadapan dengan tantangan-tantangan yang sebagian besar berupa pertanyaan dari masyarakat mengenai apa bentuk konkrit dari program kami? apakah kami akan memberi uang? apakah kami akan membangun sesuatu? dan masyarakat juga berkata bahwa program seperti yang kami rencanakan ini akan sulit untuk terlaksana dengan baik.

kadang sedih dan mikir, duh... gimana ya untuk meyakinkan masyarakat.. tapi kami yakin, kami pasti bisa!!!

doakan kami ya!!!!

2 comments:

chin said...

Hal yang sudah umum ya Pak Dodi. Termasuk kami juga mengalaminya. Memang tidak mudah untuk mengembalikan imej masyarakat untuk hal itu. Mereka sudah terbiasa menerima bantuan materi. Tapi seperti harapan pak Dodi dan rekan2, perlahan-lahan Anda pasti bisa.

chin said...

nurcahaya1023@yahoo.com